Jumat, 08 Agustus 2008

Antena Kaleng [Bekas Permen]

Antena Kaleng [Bekas Permen]

setelah beberapa lama file pdf di harddisk dan bookmarks di firefox tentang antena kaleng atau wajanbolic nongkrong, akhirnya punya kesempatan juga untuk mempraktekannya ;) apalagi setelah dapat pinjeman wlan usb merk billionton [tapi kayaknya cuma merk, karena saat cari driver di billionton.com ternyata ga ada tipe tsb. setelah search di internet ber-chipset ralink73]. tujuannya nyoba memperkuat sinyal wlan usb untuk mengakses wap linksys wag200 yg sudah terpasang di lantai-2 rumah seorang kawan dengan perkiraan jarak udara sekitar 250-300m. percobaan pertama, wlan usb dipasang langsung di notebook, hasilnya tidak ada wap yang terdeteksi. percobaan kedua, menempatkan wlan usb diatas tiang setinggi 4 meter dengan cara memperpanjang kabel usb extender dengan utp [tanpa kaleng], hasilnya sempat terdeteksi 2 kali wap dimaksud melalui netstumbler dengan kekuatan sinyal -90dB. percobaan ketiga, setelah proses pembuatan antena kaleng
bahan-bahan : - wlan usb merk billionton - kaleng bekas permen fox [kebetulan hanya ini yang ada] - tutup pipa pvc ukuran 3/4" - potongan pipa pvc +/- 10cm - pvc L 3/4" - spon cuci motor/mobil - kabel utp cat.5e - usb extender cara pembuatan :
1. dinding kaleng fox dilubangi sesuai ukuran port usb dan dilapisi isolasi [jarak lubang dari dasar kaleng 6,4cm, hasil percobaan sebuah posting di forum rtrw.net tentang cara praktis menemukan posisi sinyal terkuat di feeder]
2. tengah2 dasar kaleng dilubangi utk memasang baud
3. tutup pvc dilubangi utk pemasangan baud ke dasar kaleng
4. spon dipotong dan disesuaikan bentuk usb supaya menjadi dudukan yang baik
5. pasang tutup pvc di dasar kaleng dengan baud
6. masukkan spon ke dalam kaleng
7. tempatkan usb dalam spon dengan port usb ke lubang yg telah dibuat
8. tutup kaleng dengan tutupnya
9. pasang pvc pada tutup pvc dan L
10. potong usb extender menjadi 2
11. sambungkan kabel utp dan usb extender dengan susunan : (UTP) Putih Hijau --- Putih (USB) (UTP) Hijau --- Hijau (USB) (UTP) Orange+Putih Orange --- Merah (USB) (UTP) Putih Biru+Biru+Putih Coklat+Coklat --- Hitam (USB)
12. pasang kabel usb ke wlan usb di antena kaleng
13. tempatkan antena kaleng pada tiang besi 3/4"
14. cari dan arahkan ke wap
dimaksud alhamdulillah dengan antena penambahan antena kaleng, deteksi sinyal dengan netstumbler menunjukkan kekuatan -85dB dan link yang diperoleh 11-18Mbps. sudah bisa akses email dengan thunderbird, chat ym dan ftp dengan lancar, tapi browsing masih lelet ;( percobaan keempat, setelah wap sasaran dipindahkan ke tower triangle 2-stack pada posisi sekitar 7m, asyik ... netstumbler menunjukkan -70dB! yg lupa capture hasil netstumbler-nya , next time lah kalo dapet kaleng baru untuk nyoba kombinasi dengan wap pakai n-male dan kawat 3 cm ;) done.

Tidak ada komentar: